Seputar Seni, Budaya, dan pariwisata.: Sekilas Tentang Beberapa lokasi wisata di Maumere

Al Ballaputra

Wednesday 16 May 2012

Sekilas Tentang Beberapa lokasi wisata di Maumere


"MAUMERE"
Maumere terletak di kabupaten Sikka, Flores NTT. Maumere adalah ibukota kabupaten Sikka merupakan kota kecil dan pada tahun 1992 pernah mengalami bencana tsunami yang menewaskan ratusan orang. Flores adalah sebuah pulau yang terletak di deretan pulau-pulau di NTT berdekatan dengan pulau Komodo yang merupakan salah satu ikon keajaiban alam dunia.

Potensi wisata Maumere yand diandalkan adalah pantainya. Di sekitar Maumere terdapat beberapa pantai yang elok seperti pantai di kota Maumere, pantai Doreng dan Koka yang terletak di bagian selatan kabupaten Sikka yang berhadapan langsung dengan laut Sawu. Mungkin daerah ini bisa berkembang sebagai lokasi alternatif wisata selain pulau Bali dan Lombok. Namun fasilitas untuk mendukung kegiatan pariwisata didaerah ini masih sangat kurang, karena banyak lokasi objek wisata yang harus ditempuh dengan jalan rusak dan medan yang berat, mungkin baru bisa dinikmati oleh para backpacker dan petualang. Kota Maumere sendiri terletak di bagian pantai utara pulau Flores yang berhadapan dengan laut Banda.

Beberapa lokasi wisata di Maumere yaitu Doreng Beach, Wailiti Beach,Koka Beach, Gunung Egon, Pantai kajuwulu dan Tanjung. Anda juga bisa melakukan wisata rohani di Watu Cruz di Bola di selatan kabupaten Sikka, patung Kristus Raja yang terletak di tengah-tengah kota Maumere dan juga wisata Bunda Maria 'Fatima' di desa Lela, masih di kabupaten Sikka. Pulau Flores didominasi populasi beragama Katholik, sehingga nuansa keagamaan cukup kental. Ada juga wisata budaya seperti Museum Blikon Blewut yang terletak di desa Ledalero yang berjarak 6 km dari Maumere, juga ada beberapa desa tradisional yang masih asli dan budaya masa lalu yang masih terlihat jejaknya seperti tradisi memakamkan jenazah di peti batu dan juga ritual pemujaan di tas altar/mezbah yang disebut Watu Mahe. Anda juga bisa berbelanja tenun ikat khas Flores yang sangat menawan tapi harganya cukup mahal. Jenis tenun ikat yang terkenal berasal dari daerah Lio dan Ende.

Fasilitas akomodasi yang ada di Maumere juga sudah sangat memadai, terdapat beberapa pilihan hotel dan penginapan. Hotel yang direkomendasikan oleh tim inimaumere.com adalah Wailiti Beach Hotel dan Gading Beach Hotel terletak di bagian pantai utara pulau Flores.

Akses ke Maumere dapat ditempuh lewat udara dan laut. Ada beberapa maskapai penerbangan nasional yang melayani rute ke Maumere yaitu Merpati Nusantara Airlines (dari Surabaya transit di Denpasar), Mandala Airlines (dari Surabaya transit di Kupang). Jalan laut dapat ditempuh dengan KM Awu dari Denpasar dan KM Tatamailau dari Surabaya. Hal menarik yang dilakukan di Maumere yaitu snorkling dan diving. Taman laut Maumere juga tidak kalah dari taman laut yang ada di Bunaken dan Banda. Maumere kaya akan hasil laut seperti lobster, jadi seafood disini dijamin akan memanjakan lidah anda tapi bagi yang alergi makanan laut, jangan sekali-kali mencobanya yach. Wanna try Maumere?...(visi & berbagai sumber)

Beberapa foto kawasan wisata di sekitar Maumere yang diunduh dari situs www.inimaumere.com


 

3 comments :

  1. harus menjadi agenda liburan kali ini

    ReplyDelete
  2. maumere memang ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini baru sebagian, belum yang lainnya... gak kalah menariknya

      Delete

Kritik dan saran anda sangat Al perlukan untuk perbaikan selanjutnya

window.setTimeout(function() { document.body.className = document.body.className.replace('loading', ''); }, 10);